Batu ASLI

Membedakan Batu Permata Yang Asli

amethys

 

Semoga info ini bermanfaat bagi para pecinta batu mulia dan untuk membedakan batu asli atau bukan, perlu diketahui bahwa di Pasar batu Permata ada istilah Natural No Heat, Sintetis dan Imitasi.

Giok Putih Mewah! 001

  • Natural

Batu Natural Adalah dimana batu permata yang terbuat atau terbentuk secara alami oleh Alam, batu ini diperoleh secara alami kemudian dibentuk sebagai batu permata.Terlihat dari kadungan mineral, dan proses terjadinya batu permata cukup lama.

 

  • Sintetis

Batu Sintetis Adalah dimana batu permata yang dibuat secara Laboratorium, bahan materialnya sama dengan batu yang Natural atau origin. Berat jenis maupun karakteristik fisik nya sama satu satunya cara membedakannya adalah dengan cara melakukan LAB GEMS. Ada juga batu Sintetis yang berasal batu Natural yang kurang bagus kemudian dilebur dipadatkan lagi menjadi batu permata dan di suntikan pewarna tambahan. Maka timbulah istilah didalam perdagangan batu permata NO HEAT

 

  • Imitasi

Batu Imitasi Adalah batu Imitasi sangat berbeda sama sekali dengan yang Asli, batu ini hanya tiruan saja. misalnya meniru warnanya. Kadang-kadang juga terbuat dari plastik ataupun batuan yang kualitas dibawah standart.

Mudah-mudahan dengan mengetahui kriteria di atas kita dapat membedakan kita menjadi tau jenis-jenis batu itu Asli / Natural / origin atau hanya Sintetis atau bahkan Imitasi.

 

Inilah beberapa cara untuk membedakan nya:

Batu Mulia Padparadscha Sapphire 001

 

1. Batu permata Asli diketahui dengan melihat serat-serat di dalamnya. Serat-serat inilah yang merupakan ciri khusus batu, Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat sekalinya ada itu adalah barang langka, jarang sekali yang punya maka tak heran jika harga jualnya pun lumayan tinggi.

Perhatikan foto batu Safir dibawah, serat-serat batu safir akan kelihatan seperti sidik jari. Ciri ini yang biasanya untuk menentukan batu Asli safir atau Ruby.

 

Blue Saphire

2. Cara kedua adalah dengan melihat fenomena yang ada pada batu permata. Misalnya Star atau Bintangnya, biasanya pada batu safir atau ruby terdapat star yang jelas. Biasanya dinamakan Fenomena.

safir 429554_3000980397127_1640843564_2791528_1677433737_n
Star Pada Saphire Kembang pada Kalimaya

3. Berat Jenis, Batu permata umumnya  besar dan tidak terikat perhiasan, kita dapat menguji keasliannya dengan mencari berat jenisnya, berat jenis dapat membedakan batu yang satu dengan yang lainnya. Atau Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu karena permata asli terbentuk dari kandungan mineral dan senyawa lainnya.

 

4.Percobaan yang paling mudah Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli***

5.Sudah banyak di ketahui dengan cara ikat sehela ramut cukup panjang pada batu permata anda bakar rambut tersebut tepat di bagian batu , jika tidak terbakar bisa dikatakan batu anda adalah batu natural.

Semoga Bermanfaat, Sukses,

      Dan Salam Pecinta Batu Mulia,